TARIAN ALAM

          Minggu siang, Tanggal 06 Desember 2009, jam 13.00 WIB, tiba-tiba kulihat pemandangan yang agak asing bagiku. Di kotaku yang kecil tiba-tiba lalu-lintas macet. Tidak seperti biasanya yang setiap hari kulihat lancar-lancar saja.  Akupun harus rela terjebak di kemacetan, lengkap dengan udara panas dan kebisingan mesin bercampur suara klakson.

Bapak-bapak polisipun terlihat agak  kewalahan mengatur padatnya kendaraan. Ada apakah gerangan? Kudengar suara orang-orang diemperan toko juga bertanya-tanya. “Kok hari ini seperti Jakarta aja?”. Loh…aku juga berpikir seperti itu.

          Usut punya usut ternyata hari ini kotaku diserbu oleh kurang lebih 16.ooo orang yang mengikuti tes CPNS. Bukan hanya peserta lokal, tetapi  banyak yang datang dari luar kabupaten, bahkan dari propinsi-propinsi lain terdekat. Mereka memadati kotaku dengan berbagai macam kendaraan, mulai dari kendaraan roda 2 sampai roda 4. Belum lagi yang memanfaatkan kendaraan umum juga menyumbang kepadatan kotaku hari itu.

          Subhanallah….Aku melihat tarian alam yang indah, perpaduan antara harapan, perjuangan, dan persaingan. Formasi PNS yang katanya ada sekitar 600, hari itu diperebutkan oleh pengadu nasib sekitar 16.000 orang.

          Aku tak ingin menganalisis lebih jauh kenapa bisa begitu, kenapa PNS masih menjadi pekerjaan favorit masyarakat kita. Aku hanya melihatnya sebagai tarian alam, hanya aku yang bisa menikmati indah gemulainya. Semoga semua peserta beruntung.

One response to “TARIAN ALAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s